Sabtu, 24 November 2012

KEPEMIMPINAN STRATEGIS OLEH PARA EKSEKUTIF



KEPEMIMPINAN STRATEGIS OLEH PARA EKSEKUTIF

BATASAN PADA KELELUASAAN EKSEKUTIF
Batasan situasional pada keleluasaan para eksekutif dan aspek dari situasi yang menentukan berapa banyak pengaruh yang dapat dimiliki para eksekutif puncak pada kinerja dalam organisasi mereka.
Batasan intenal
Keleluasaan CEO dibatasi oleh beragam faktor organisasi internal. Satu jenis batasan melibatkan kekuatan dalam yang berkuasa atau koalisi dalam organisasi.
Jenis lain batasan internal adalah budaya organisasi yang kuat menentang perubahan.
Batasan eksternal
Batasan eksternal pada keleluasaan dari seorang CEO meliputi sifat dari produk atau jasa utama organisasi itu dan jenis pasar tempat organisasi itu beroperasi. Batasan lain adalah stakeholder eksternal yang berkuasa yang mendiktekan kondisi.
Batasan dan Atribusi Eksternal
 Batasan internal dan eksternal saling berinteraksi satu sama lain dan dengan atribut dari manjer itu (misalnya, ambisi,toleransi,ambiguitas,keterampilan kognitif, keterampilan politis dan orientasi kendali internal-eksternal)untuk mempengaruhi pola perilaku yang diperlihatkan oleh CEO.situasi yang paling membatasi adalah situasi batasn internal-eksternal begitu parahnya sehingga CEO itu hanya sebuah boneka yang tidak dapat menerapkan suatu perubahan strategi yang penting atau inovasi.
Ekstrem berlawanan adalah situasi dimana sedikit batasan internal-eksternal dan banyak keleluasaan.banyak dari pemimpin ambisius dan dinamis menginginkan posisi ini.

ATRIBUSI MENGENAI KEPALA EKSEKUTIF
Baberapa anggota dari organisasi memliki kesempatan untuk secara langsung mengamati tindakan dari eksekutif puncak.saat tidak adanya informasi yang relevan,organisasi menjadi bias untuk menghubungkan tanggung jawab yangh lebih besar untuk kinerja organisasi dengan para eksekutif.
Determinasi dari atribusi
Atribusi mengenai efektivitas pemimpin dipengaruhi oleh sejumlah faktor yang saling terkait. Seorang pemimpin yang melakukan inovasi dalam organisasi akan dianggap luar biasa jika setelah itu kinerja organisasi meningkat. Para pemimpin dari organisasi yang mempertahankan strategi atau hanya perbaikan meningkat bukannya inovasi dianggap sebagai pemimpin yang kompeten tapi tidak luar biasa.
Atribusi dan keleluasaan Eksekutif
 Menurut lord dan maher (1991) efektivitas dari para pemimpin tingkat puncak bergantung pada keleluasaan mereka membuat perubahan besar yang inovatif dalam bidang penting dari strategi organisasi yang akan mempengaruhi kinerja organisasi 5 hingga 20 tahun mendatang .
Manajemen Kesan oleh Eksekutif
Manjemen kesan adalah penting bagi CEO dari perusahaan yang dimiliki oleh publik, karena harga saham dan peringkat obligasi perusahaan dipengaruhi oleh persepsi dari kinerja keuangannya.
PENELITIAN MENGENAI PENGARUH DARI SUKSESI KEPEMIMPINAN
Penelitian suksesi masih terbatas, dan hasilnya tidak konklusif disebabkan oleh banyak masalah metodalogis  dalam mengukur pengaruh pemimpin. Penelitian itu menunjukkan bahwa kepemimpinan tingkat puncak dapat memiliki pengaruh besar pada kinerja organisasi, tetapi studi suksesi tidak menjelaskan bagaimana seorang pemimpin sebenarnya mempengaruhi kinerja, atau apakah mereka mengidentifikasikan kondisi yang menentukan seberapa besar pengaruh yang dimiliki seorang pemimpin( Day & Lord,1988;House & Singh, 1987).


PERUBAHAN EVOLUSIONER DAN KEPEMIMPINAN STRATEGIS
Kesempatan bagi para eksekutif puncak untuk menggunakan pengaruh kuat pada kinerja sebuah organisasi bergantung pada faktor-faktor historis seperti tahapan evolusioner dari organisasi. Seb uah penurunan kinerja bisa terjadi kapan saja, dan pada akhirnya akan memicu sebuah periode reorientasi yang jika berhasil akan memperbaharui dan merevitalisasi organisasi itu.
Sebuah perubahan besar dalam strategi akan menyebabkan riak perubahan disepanjang organisasi. Amatlah penting bagi para eksekutif tingkat puncak untuk mengarahkan perubahan dan memberikan visi, energi dan pedoman yang dibutuhkan untuk membuatnya berhasil. Periode kehebohan dan perubahan revolusioner biasanya diikuti dengan periode pemusatan yang panjang. Perubahan yang makin bertambah yang dilakukan selama sebuah periode pemusatan memiliki keuntungan dan kerugian. Keuntungannya adalah mereka membuat organisasi menjadi lebih efisien dalam menjalankan strateginya. Kerugiannya adalah kekuatan internal untuk stabilitas itu diperkuat, yang menyulitkan bagi para eksekutif untuk membuat perubahan besar saat pada akhirnya perubahan itu diperlukan karena perubahan pada lingkungan.
Pengaruh CEO pada kinerja sebuah organisasi bergantung pada diamana letaknya dalam siklus evolusioner. CEO tidak memil.iki pengaruh atau dampak yang begitu potensial saat lingkunganya sudah stabil dan cocok antara organisasi dan lingkungan masih baik dan mungkin tetap demikian. Konsistensi dengan resiko dan kesulitan, eksekutif yang memiliki visi yang meramalkan kebutuhan akan perubahan besar dan mengambil langkah berani untuk menghadapinya memang langka. Pergantian CEO selama periode pemusatan lebih sering diakibatakan oleh pensiun atau pengunduran diri secara suka rela dari pada pergantian terpaksa, pengganti dari luar jatrang dipilijh, dan para pengganti tidak mungkin memiliki kewenangan atau mandat untuk perubahan besar. Penggatian tajan dalam perusahaan dihubungkan dengan visi baru, energi yang tinggi,dan pendekatan positif yang berorientasi tindakan yang diambil oleh tim eksekutif yang baru. Tim eksekutif yang berhasil berfokus pada memperbaiki bisnis inti dan menggunakan kesempatan yang berhubungan dengannya.

KEKUASAAN POLITIS DAN KEPEMIMPINAN STRATEGIS
Jumlah perubahan yang terjadi dalam sebuah organisasi ditentukan oleh perjuangan kekuasaan di antara fraksi atau koalisi berbeda. Perubahan evolusioner dalam kekuasaan yang dijelaskan oleh teori kongensi strategis dapat ditunda dengan menggunakan taktik politis. Tetapi penangguhan untuk manajemen puncak adalah tidak terbatas. Saat terjadi perubahan besar pada lingkungan dan manajemen puncak kekurangan keahlian untuk mengatasi itu maka kinerjja perusahaan akan menurun. Proses ini terjadi  jauh lebih cepat saat organisasi memiliki kompetisi kuat atas produk dan jasanya, dan kompetitornya jauh lebih cepat beradaptasi terhadap perubahan dalam lingkungan. Pada akhirnya, manajemen puncak akan digantikan atau organisasi akan gagal.
MASA JABATAN EKSEKUTIF DAN KEPEMIMPINAN STRATEGIS
Kepemimpinan strategis oleh CEO juga terpengaruh oleh masa jabatan. Perilaku dalam tahap awal terpengaruh oleh kewenangan implisit yang diberika direksi atau pemilik perusahaan kepada CEO, kewenangannya dapat berupa membuat perubahan besar atau mempertahankan strategi yang telah ada. setelah berusaha untuk memuaskan kewenangan awal dan mendapatkan kedudukan politis, eksekutif akan bereksperimen dengan berbagai pendekatan. Periode awal biasanya melibatkan informasi ketat yang dikumpulkan dari sumber internal dan eksternal untuk mengidentifikasikan masalah dan kesempatan CEO juaga berusaha untuk mengevaluasi pengaruh dari perubahan awal sebelum melanjutkan dengan perubahan yang baru.
Saat sebuah tema atau strategi telah dipilih, komitmen terhadapnya cenderung untuk meningkat seiring waktu. CEO makin berpikiran sempit dan tidfak fleksibel untuk mempertimbangkan alternatif lain, dan perilaku eksekutif menjadi lebih bersifat rutinitas. Jadi saat lingkunangan eksternal berubah dan dibutuhkan strategi baru, mungkin disfungisional bagi organisasi bila memiliki seoran CEO yang masa jabatannya panjang. Lebih baik untuk memiliki tim beragam yang terdiri dari eksekutif yang memiliki kewenangan yang memberikan perspektif berbeda dan memaksakan perbaikan terus menerus. Juga lebih baik bila memiliki dewan direksi independen yang kuat yang sebagian besar adalah orang luar daripada dengan eksekutif dari perusahaan sendiri.
TIM EKSEKUTIF
Semuaorganisasi memiliki sebuah kelompok manajemen top yang meliputi CEO dan eksekutif puncak lainnya, tetapi tiap organisasi amatlah berbeda dalam cara kelompok ini beroperasi. Bagaimanapun struktur formal sebuah organisasi itu, akan ada perbedaan dalam batasan diimana kepemimpinan strategis biasanya dibagikan diantara para eksekutif puncak.
1.    Potensi keuntungan dari Tim Eksekutif 
Sebuah tim eksekutif memiliki potensi untuk membuat keputusan strategis yang lebih baik saat para anggotanya memiliki keterampilan dan pengetahuan yang tidak dimiliki CEO. Para anggota tim dapat menutupi kekurangan CEO. Pendekatan tim juga merupakan sebuah cara untuk memudahkan suksesi kepemimpinan dalam organisasi besar yang beragam.
2.    Tim Eksekutif dan efektivitas Organisatoris
Dalam sebuah tim eksekutif, pembuatan keputusan strategis tidak hanya dipengaruhi oleh ciri keterampilan dari CEO tapi juga dari anggota tim. Secara umum, penilitian menyatakan bahwa keragaman latar belakang dan perspektif meningkatkan kualitas dari keputusan strategis  yang dibuat oleh tim.

NILAI-NILAI YANG BERSAING DALAM KEPEMIMPINAN STRATEGIS
Nilai-nilai yang bersaing ini meliputi perhatian akan sasaran tugas terhadap perhatian akan manusia, stabilitas dan efisiensi terhadap fleksibilitas dan adaptasi, dan fokus internal terhadap eksternal. Persyaratan tugas terkadang berkonflik   dengan keinginan dari para anggota organisasi. Terdapat sebuah pertukaran antara efisiensi dan fleksibilitas karena makin banyak pekerjaan yang terstruktur untuk mencapai perekonomian dan meningkatkan efisiensi, organisasi menjadi makin kurang fleksibel dan makin sulit membuat perubahan perubahan radikal dalam strategi. Terdapat pertukaran antara perhatian eksternal dan internal, karena eksekutif puncak harus menghadapi stakeholder internal dan eksternal yang membuat permintaan yang bertentangan.
MENGAWASI LINGKUNGAN
Salah satu aktivitas penting dari para eksekutif  adalah mengawasi lingkungan eksternal dan mengenali ancaman dan peluang untuk organisasi. Berikut adalah pertanyaan perwakilan yang penting untuk sebuah organisasi bisnis
1.    Apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh klien dan pelanggan?
2.    Apa reaksi dari klien dan pelanggan terhadap produk dan jasa organisasi saat ini?
3.    Siapakah pesaing utamanya
4.    Strategi apa yang mereka kejar ( misalnya, penentuan harga, periklanan dan promosi, produk baru, dan pelayanan pelanggan)?
5.    Bagaimana produk dan jasa pesaing dibandingkan dengan produk dan jasa dari organisasi manjer itu
6.    Peristiwa apa yang mempengaruhi perolehan bahan, energi, informasi dan masukan lain yang digunakan oleh organisasi untuk melakukan operasi?
7.    Bagaimana organisasi akan terpengaruh oleh peraturan baru dan keagenan pemerintah yang mengatur aktivitasnya( misalnya, UU tenaga kerja, peraturan lingkungan, standar keselamatan, dan kebijakan pajak)?     
8.    Bagaimana teknologi baru mempengaruhi produk, jasa dan operasi organisasi?
9.    Bagaimana organisasi terpengaruh oleh perubahan dalam perekonomian?
10. Bagaimana organisasi akan terpengaruh oleh demografis populasi yang berubah?
11. Bagaimana organisasi terpengaruh oleh peristiwa internasional?

Pedoman Untuk pengawasan Eksternal
Pedoman berikut menjelaskan apa yanmg dapat dilakukan para pemimpin atas peristiwa dan perubahan dalam lingkunagan eksternal yang relevan bagi organisasi
1.    Mengidentifikasikan informasi relevan untuk dikumpulkan
2.    Menggunakan berbagai sumber informasi yang relevan
3.    Mempelajari apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh klien dan pelanggan
4.    Mempelajari tentang produk dan aktivitas kompetitor
5.    Menghubungkan informasi lingkungan dengan rencana strategis
MEMFORMULASIKAN STRATEGI
Sebuah strategi yang relevan mempertimbangkan perubahan perubahan dalam lingkungan eksternal, dan hal ini realistis dalam hal kekuatan dan kelemahan organisasi. Strategi itu harus mencerminkan misi inti dan sasaran prioritas utama dan kelemahan organisasi.
Pedoman untuk memformulasikan strategi
1.    Menentukan sasaran dan prioritas jangka panjang
2.    Menilai kekuatan dan kelemahan saat ini
3.    Mengenali kompetensi inti
4.    Mengevaluasi kebutuhan akan perubahan besar dalam strategi
5.    Mengenali strategi yang menjanjikan
6.    Mengevaluasi kemungkinan hasil dari sebuah strategi
7.     Melibatkan rksekutif lain dalam memilih sebuah strategi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar